Berita

Bawaslu Ajak Pemuda Ikut Aktif Awasi Pemilu 2024

Kota Bima, Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bima Kordiv. Hukum Pencegahan Parmas & Humas (HP2H) Idhar mengajak pemuda dan mahasiswa melek politik supaya terlibat dalam terbentuknya kebijakan yang lebih baik lagi. Dia juga mengajak mahasiswa dan pemuda berperan aktif mengawasi Pemilu 2024 sehingga melahirkan pemimpin berintegritas.

“Kami berharap adik-adik mahasiswa berperan dalam penyelenggaraan pemilu, karena pemilu akan melahirkan pemimpin, baik di eksekutif dan legislatif,” kata Idhar saat menjadi narasumber pada kegiatan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang bertema Peran Pemuda Dalam Mengawal Pemilu 2024, Minggu (14/1/2024).

“Pemuda merupakan bagian penting yang akan mengontrol proses politik sampai pada proses penyelenggaraan pemilu yang akan kita hadapi sebantar lagi,”
Maka dari itu, untuk menciptakan Pemilu 2024 berjalan jujur & adil dibutuhkan partisipasi aktif dari mahasiswa dan pemuda. Kedua elemen ini bisa terlibat aktif dalam pengawasan partisipatif, lanjut Idhar.

Saat ini, Bawaslu Kota Bima sudah membentuk Kampung Pengawasan Partisipatif yang tersebar di beberapa kelurah di Kota Bima yang diantaranya adalah kelompok pemuda.

“Pengawasan partispatif adalah bagian manifestasi kedaulatan rakyat yang turut serta bersama Bawaslu mengawasi pemilu. Bawaslu diberi kewenanganan oleh UU untuk mengawasi pemilu, namun secara substantif demokrasi itu menjadi kewajiban dan hak kita semua untuk melakukan pengawasan partisipatif.”

Apa yang bisa dilakukan anak muda dalam pengawasan partisipatif? pemuda maupun mahaiswa dapat melakukan pendidikan kepada pemilih, melakukan pemantauan isu-isu tertentu sesuai yang diharapkan kelompok tersebut.

“Kemudian bisa bergabung dalam komunitas digital pengawasan partisipatif bernama Jarimu Awasi Pemilu yang dibangun Bawaslu dan bisa berkolaborasi bersama Bawaslu sampai ditingkat TPS atau menjadi bagian dari pemantau pemilu” ujar Idhar.

Selain itu kami juga terbuka kepada pemuda dan mahasiswa yang ingin melakukan penelitian untuk skripsi di Bawaslu Kota Bima.

Mari kita sama-sama menjadikan Pemilu 2024 menjadi pemilu damai, baik, sesuai prinsip jurdil, khususnya dapat melahirkan pemimpin yang berintegritas,” Tutup Idhar. (Humas Bawaslu Kobi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *