Agenda KegiatanBeritaPUBLIKASI

Bawaslu Kota Bima dan STISIP Mbojo Bima Teken Nota Kesepakatan Dalam Pengawasan Pemilu 2024

Kota Bima, Bawaslu Kota Bima menandatangani Nota Kesepakatan bersama STISIP Mbojo Bima dalam pengawasan Pemilu serentak 2024.

Penandatanganan nota kesepakatan dilakukan Ketua Bawaslu Kota Bima Muhaemin bersama Ketua STISIP Mbojo Bima Dr Rifai S.Sos MSi dan disaksikan Anggota Bawaslu Kota Bima Idhar dan Asrul Sani juga pimpinan STISIP Mbojo Bima, Jumat (12/8/2022) di kampus setempat.

Ketua Bawaslu Kota Bima Muhaemin menjelaskan, bahwa nota kesepakatan dimaksudkan untuk membangun kemitraan antara kedua belah pihak sebagai wujud tanggung jawab bersama dalam membangun etika dan budaya politik yang berintegritas dan bermartabat sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Selain itu kata Muhaemin, kesepakatan ini bertujuan untuk meningkatkan sinergitas dan pendayagunaan SDM yang dimiliki dalam hal pengawasan Pemilu dan Pemilihan, peningkatan integritas pelaksanaan Pemilu dan pelaksanaan tugas dan fungsi para pihak sesuai kewenangan masing-masing.

Ditambahkan Ketua Bawaslu, adapun ruang lingkup Nota Kesepakatan ini antara lain penyelenggaraan pendidikan politik, peningkatan pengawasan partisipatif di lingkup perguruan tinggi.

“Termasuk pencegahan praktek politik uang, kampanye hitam, dan politisasi SARA, dan kegiatan lain yang disepakati bersama,” jelasnya.

Sementara Ketua STISIP Mbojo Bima Dr Rifai SSos MSi menyambut baik Nota Kesepakatan bersama Bawaslu Kota Bima. Menurutnya, dalam membangun iklim demokrasi yang baik tentunya harus dilakukan secara bersama seluruh komponen masyarakat juga perguruan tinggi. Apalagi tahapan pemilu 2024 sudah mulai dilaksanakan, maka menjadi kewajiban bersama dalam mensukseskannya dan ikut berpartisipatif dalam melakukan pengawasan.

“Ini adalah kewajiban dan menjadi tugas kita sebagai warga negara dalam menentukan masa depan bangsa lima tahunan melalui Pemilu,” ungkapnya.

Dirinya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Bawaslu Kota Bima membangun kemitraan dengan STISIP Mbojo Bima. Ini sebagai wujud kolaborasi Bawaslu dengan perguruan tinggi dalam membangun iklim demokrasi di Kota Bima.

“Kami selalu siap mensukseskan dan ikut serta dalam pengawasan partisipatif untuk mewujudkan pemilu yang demokratis, bermartabat dan berintegritas,” tegas Dr Rifai SSos MSi.

Nota Kesepakatan yang ditandatangani tersebut terdiri dari 6 pasal, yang berisi tentang maksud dan tujuan, ruang lingkup, pelaksanaan, jangka waktu, anggaran, monitoring dan evaluasi, korespondensi dan ketentuan lainnya. (Humas Bawaslu Kobi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *