BeritaPUBLIKASI

Bawaslu Kota Bima gelar Rakor Penanganan Pelanggaran Tahapan Kampanye

Kota Bima – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bima gelar Rakor Penanganan Pelanggaran Tahapan Kampanye, Senin-Selasa (27-28/11/2023) di Hotel Marina Inn Kota Bima.

Kegiatan yang diikuti oleh Anggota Panwaslu Kecamatan Kordiv. Penanganan Pelanggaran & Penyelesaian Sengketa, Kordiv. Hukum Pencegahan Parmas & Humas beserta staf se-Kota Bima bertujuan untuk mempersiapkan seluruh jajaran ditingkat kecamatan dalam penanganan Pelanggaran pada tahapan kampanye yang dimulai tanggal 28 November 2023 s/d 10 Februari 2024.

Ketua Bawaslu Kota Bima Atina dalam sambutannya melalui daring menyampaikan Kita sebagai pengawas pemilu yang sudah diamanatkan kepada kita dan juga diamanatkan oleh undang-undang bahwa terkait dengan proses penegakan keadilan pemilu khususnya pelaksanaan pemilu memang ditugaskan kepada kita sebagai pengawas pemilu.

Menurutnya, kita sebagai pengawas pemilu harus bisa menguasai terkait dengan dasar-dasar maupun langkah-langkah strategis yang paling efektif pada tahapan kampanye ini, sehingga kita bukan hanya sekedar melakukan pelaporan kegiatan yang hanya melaporkan cukup dengan foto peserta dan siapa yang kampanye. Tentu kita juga harus punya insting pengawasan yang dalam terhadap segmentasi seluruh kegiatan tahapan kampanye, mulai dari tahapan, peserta dan siapa saja yang hadir, tegasnya.

Sementara Anmggota Bawasalu Kordiv. Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P2PS) melalui daring menjelaskan bahwa terdapat banyak jenis pelanggaran yang perlu diantisipasi, dan jika terbukti, harus ditindaklanjuti secara hukum.

“Pelanggaran kampanye bisa melibatkan pemasangan alat peraga kampanye (APK) yang tidak sesuai aturan, penggunaan fasilitas negara, money politics, hingga pelanggaran kampanye di Media Sosial (Medsos),” ucapnya.

Amar menegaskan bahwa pengawas pemilu harus siap melaksanakan pengawasan pada tahapan kampanye. “Panwascam diharap mampu untuk meng-update pemahaman regulasi terkait kampanye, baik itu PKPU, Perbawaslu, Juknis karena ada banyak perubahan seiring dinamika yang terjadi agar pengawasan yang dilakukan menjadi optimal.

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan hari ini kita mencoba untuk menyamakan persepsi terkait dengan pengawasan kampanye yang sebenarnya sudah diatur dalam PKPU dan Perbawaslu, agar kita semua paham apa saja yang harus kita lakukan pada saat pengawasan kampanye.

Hadir pula Koordinator Sekretariat Bawaslu Kota Bima, Subhan, ST, Perwakilan dari Badan Kesatuan Bangsa & Politik Kota Bima serta Narasumber ketua Bawaslu Kota Bima periode 2018-2023 Muhaemin S.Pd.I, SH. (Humas Bawaslu Kobi).

Foto By: Marwan’s

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *