Berita

Bawaslu Kota Bima Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Bersama Kelompok Disabilitas Kota Bima

Bawaslu Kota Bima Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif bersama kelompok disabilitas Kota Bima, Kamis (22/6/2023) di Uma Ilo Peta.

Turut hadir Ketua & Anggota Bawaslu Kota Bima Muhaemin, Asrul Sani dan Idhar, anggota KPU Kota Bima Yety Safriati,S.Sos serta penyandang disabilitas Kota Bima sebagai Peserta.

Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Bawaslu Kota Bima dalam upaya mendorong semua pihak untuk berkontribusi secara aktif dalam menciptakan pemilu yang ramah terhadap semua pihak termasuk saudara kita kelompok penyandang disabilitas, ungkap Asrul Sani.

Sementara itu Ketua Bawaslu Kota Bima Muhaemin menyampaikan, Kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif merupakan pengawasan pemilu yang dilakukan oleh masyarakat sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam mengawal integritas pemilu. Bawaslu sebagai lembaga yang dibentuk untuk mengawasi pemilu berkewajiban untuk melibatkan masyarakat dalam pengawasan pemilu.

“Pemilu Serentak 2024 sudah didepan mata, Bawaslu dengan segala keterbatasan personal yang dimiliki dalam pengawasan tentu membutuhkan peran serta seluruh pihak termasuk kelompok penyandang disabilitas”, Lanjutnya.

Sementara Kordiv.HP2H Idhar mengatakan, partisipasi aktif dan peran serta masyarakat untuk ikut mengawasi seluruh tahapan pemilu diharapkan dapat membantu tugas-tugas pengawasan Bawaslu yang pada akhirnya akan mewujudkan Pemilu yang jujur, adil dan bermartabat.

Ini menjadi bentuk kepedulian Bawaslu Kota Bima pada hak para penyandang disabilitas. Melalui kegiatan ini, penyandang disabilitas dapat menjadi bagian pengawas partisipatif pada pemilu 2024, harapnya.

Pada sosialisasi ini, Narasumber Pertama dari KPU Kota Bima menyampaikan tentang tahapan serta mekanisme pencoblosan bagi penyandang disabilitas.

Sementara Narasumber kedua dari Bawaslu menyampaikan peran penting kelompok disabilitas dalam mengawal pemilu 2024.

Di akhir acara, kelompok penyandang disabilitas melakukan Deklarasi Bersama siap mengawasi pemilu serentak 2024 untuk mewujudkan pemilu berintegritas dan bermartabat. (Humas Bawaslu Kobi)

Foto by Marwan’s

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *