Berita

Bawaslu Kota Bima Hadiri Rakor Pengelolaan Data Melalui Sigap Lapor

Mataram – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bima yang diwakili oleh Kordiv. Penangan Pelanggaran & Penyelesaian Sengketa (P2PS) Khairul Amar dan staf menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pengelolaan dan Validasi Data Penanganan Pelanggaran Melalui Aplikasi SiGap Lapor, Selasa-Rabu (5-6/12/2023) di Hotel Lombok Plaza Mataram.

Rakor yang digelar Bawaslu Provinsi NTB tersebut diikuti oleh jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota dan Partai Politik Peserta Pemilu sebagai upaya bersama menangani potensi pelanggaran pada Pemilu Tahun 2024.

Kegiatan yang bertujuan agar jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota lebih kompeten dalam mengelola data penanganan pelanggaran dan peserta pemilu memahami hal apa saja yang dapat dikategorikan sebagai pelanggaran dalam tahapan kampanye, masa tenang, hingga pemungutan suara.

Kegiatan yang diisi dengan paparan mengenai pengelolaan dan validasi data penanganan pelanggaran pada aplikasi SiGap Lapor yang dirilis oleh Bawaslu RI.

Aplikasi SiGap Lapor sendiri adalah aplikasi yang menyatukan data penanganan pelanggaran pengawas pemilu di seluruh Indonesia, yang membuat pengawas pemilu tidak perlu melakukan rekapitulasi data karena data yang diinput akan terintegrasi dalam sistem. Selain itu, proses penanganan pelanggaran lebih terbuka bagi publik, khususnya pelapor, mengingat pelapor bisa menelusuri perkembangan laporannya melalui aplikasi tersebut.

Sementara anggota Bawaslu NTB Umar Achmad Seth menyampaikan kepada peserta yang hadir bahwa pemungutan suara semakin dekat, maka semakin potensi kerawanan maupun pelanggaran yang muncul, terutama pada tahapan kampanye dan masa tenang. (Humas Bawaslu Kobi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *