BeritaPUBLIKASI

Bawaslu Kota Bima Hadiri Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan DPT

Anggota Bawaslu Kota Bima Asrul Sani, SE.,SH dan Idhar S.Sos saat Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat Kota

Bawaslu Kota Bima hadiri Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat Kota, selasa (20/6/2023) di KPU Kota Bima.

Rapat pleno yang dibuka oleh Ketua KPU Kota Bima, dihadiri oleh Komisioner KPU Kota Bima, Bawaslu Kota Bima, Pimpinan Partai Politik Peserta Pemilu Tingkat Kota Bima, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bima, Kepala Rutan Bima, Kapolres Bima Kota, Dandim 1608 Bima , Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bima, dan PPK se Kota Bima

Anggota Bawaslu Kota Bima Idhar menjelaskan, penetapan DPT untuk Pemilu Tahun 2024 dilakukan setelah melewati tahapan yang panjang. Mulai dari penerimaan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dari Kementerian Dalam Negeri, kemudian dilanjutkan dengan Pencocokkan dan Penelitian (Coklit) oleh Pantarlih. Selanjutnya, Penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS), penyusunan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan penyusunan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan Akhir (DPSHP Akhir) hingga hari ini penetapan DPT.

Selama proses di setiap sub tahapan Bawaslu Kota Bima melakukan upaya pencegahan serta memberikan imbauan serta rekomendasi terhadap temuan oleh Bawaslu dan jajarannya. ini merupakan komitmen kami untuk mengawal hak pilih, “tutupnya.

Sementara Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian sengketa Asru Sani Pada kesempatan ini menyampaikan beberapa poin terkait TNI/Polri yang terdaftar sebagai pemilih pada Pleno DPSHP akhir tingkat PPK, Pemilih meninggal dunia hasil saran perbaikan oleh Panwaslu kecamatan pada PPK dan pemilih yang tidak dapat di temukan untuk segera di tindaklanjuti oleh KPU.

Hasil pleno ditetapkan DPT Kota Bima 112.363 pemilih dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu Tahun 2024 di Kota Bima, sebanyak 404 TPS. Terdiri dari 402 TPS Reguler dan 2 TPS Lokasi Khusus berada di Rutan Bima. (Humas Bawaslu Kobi)

Foto by; Marwan’s

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *