Agenda KegiatanBerita

Bawaslu Kota Bima Launching Jejaring Pengawas Pemilu Partisipatif

Pemukulan Gong sebagai tanda Launching Jejaring Pengawas Pemilu Partisipatif oleh Muhaemin Ketua Bawaslu Kota Bima di dampingi Idhar, S.Sos (Kordiv. Hukum Pencegahan, parmas & Humas), Subhan, ST (Koordinator Sekretariat Bawaslu Kota Bima, Kepala Bakesbangpol Kota Bima Dr. Muhammad Hasyim, S.Soz., SH, M.Ec,.Dev, Anggota KPU Kota Bima Yety Safriati, S.Sos, Kodim 1608 Bima Perta perwakilan Jejaring

Kota Bima, “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu”  dengan slogan dan spirit ini Bawaslu Kota Bima Launching Jejaring pengawas Pemilu Partisipatif, Sabtu (26/11/2022) di Hotel Camelia Kota Bima.

Hadir dalam Launching tersebut Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kepala Bakesbangpol Kota Bima Dr. Muhammad Hasyim, S.Soz., SH, M.Ec,.Dev, Anggota KPU Kota Bima Yety Safriati, S.Sos, Kodim 1608 Bima, Panwaslu Kecamatan se Kota Bima, Alumni SKPP, dan Jejaring Pengawas Partisipatif.

Koordinator kesekretariatan Bawaslu Kota Bima Subhan, ST pada laporannya, kegiatan launching pengawas pemilu partisipatif dan sosialisasi pemilu partisipatif, merupakan bagian penting dari kerja pengawasan guna mengawal pemilu dan jejaring jejaring yang telah dibentuk.

Koordinator Divisi Hukum pencegahan partisipasi masyarakat dan Humas, Idhar, S.Sos dalam sambutannya menyebutkan, jejaring pengawas partisipatif yang terbentuk adalah 9 kelompok jejaring partisipatif yang  lahir dari Kader Pengawasan Partisipatif Bawaslu Kota Bima.

“Jejaring ini diharapkan menjadi mitra strategis melakukan pengawasan tahapan pemilu serentak 2024” Katanya.

Sementara Kepala Kesbangpol Kota Dr. Muhammad Hasyim, S.Soz., SH, M.Ec,.Dev pada sambutannya mewakili Walikota Bima mengapresiasi langkah- langkah yang dilakukan Bawaslu Kota Bima dalam melakukan inovasi dalam pelibatan masyarakat dalam pengawasan pemilu dengan membentuk jejaring pengawas pemilu partisipatif.

“Pemerintah Kota Bima sangat mengapresiasi Bawaslu Kota Bima yang terus berinovasi dalam mengawasi pemilu yang berkualitas dengan mengajak serta masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengawasi Pemilu, “ucapnya.

“Kelompok ini harus benar-benar menjadi mitra yang baik dalam menggerakkan masyarakat lainnya. Mereka ini harus diapresiasi oleh kita semua dan Bawaslu Kota Bima khususnya,” kata Hasyim.

Ketua Bawaslu Kota Bima, Muhaemin, S.Pdi., SH  dalam sambutan dan membuka launching jejaring pengawas pemilu partisipatif di hotel Camelia Kota Bima mengatakan, jika melihat hasil pemilu tahun 2019, ada sejumlah poin penting yang menjadi catatan dan bahan evaluasi dalam pengawasan.  Agar proses pemilu 2024 mendatang menjadi lebih baik dan maksimal. Termasuk pembentukan jejaring pengawas pemilu partisipatif tersebut.

Keberadaan jejaring pengawas pemilu partisipatif ini menjadi sangat penting mengingat keterbatasan jumlah SDM jajaran pengawas Pemilu, mulai Bawaslu, Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten Kota dan Panwaslu Kecamatan, Pengawas Kelurahan dan Pengawas TPS.

“Mengawasi tahapan Pemilu tidak hanya dibebankan kepada Pengawas Pemilu, tetapi keterlibatan semua pihak menjadi penting, termasuk jejaring pengawas pemilu partisipatif ini,” terangnya.

“Harapan kita semua, dengan semakin masif pelibatan kelompok masyarakat dalam mengawasi pemilu maka, pemilu yang jujur dan adil serta berintegritas itu dapat diwujudkan,” harapnya. (Humas Bawaslu Kobi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *