Berita

Bawaslu Kota Bima mengikuti Dialog Publik “Pilpres 2024: Memperkuat Pemilu Damai dan Demokrasi Menuju Indonesia Maju”

Kota Bima-BadanPengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bima mengikuti Dialog Publik dengan tema “Pilpres 2024: Memperkuat Pemilu Damai dan Demokrasi Menuju Indonesia Maju” melalui daring di ruang Rapat Polres Bima Kota, Rabu (11/10/2023)

Dialog yang diselenggarakan oleh Divisi Humas Mabes Polri ini dipandu oleh jurnalis Fristan Griec dan menghadirkan empat pembicara, yakni Kabag Anev Robinops Sops Polri Kombes Pol. M. Firman, Ahli Komunikasi Politik / Dosen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Nasional PROF. DR. DRA. Lely Ariane, M.SI, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, SH, LL.M dan Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari.

Pada kesempatan ini, Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja menjadi salah satu Narasumber, dalam paparannya Rahmat Bagja mengatakan, menghadapi Pemilu 2024, bawaslu telah mencetak kader-kader pengawas partisipatif yang terampil, berdedikasi dan berintegritas. Lalu meningkatkan peran dan keterlibatan masyarakat dalam pengawasan pemilu.

Kami (Bawaslu) juga mengembangkan pusat pendidikan dan inovasi pengawasan partisipatif. Juga menciptakan simpul-simpul pengawasan partisipatif di masyarakat, sosialisasi melalui media massa, serta melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi, lanjutnya.

Bagja mengakui, tingkat kesadaran masyarakat dalam pengawasan pemilu masih rendah. Hal tersebut membuat Bawaslu membentuk pengawasan partisipatif sebagai bentuk kolaborasi dan sinergi dengan masyarakat untuk menciptakan pemilu yang berintegritas.

“Bawaslu sebagai lembaga yang memiliki mandat untuk mengawasi proses pemilu, membutuhkan dukungan banyak pihak dalam aktifitas pengawasan. Seperti stakeholder kepolisian maupun dari akademisi pendidikan,” tutupnya.

Dialog Publik ini diselenggarakan secara daring yang diikuti oleh seluruh jajaran Polri, Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota se-Indonesia serta KPU yang bertujuan tercapainya tujuan pemilu yang aman, damai dan sukses. (Humas Bawaslu Kobi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *