Agenda KegiatanBerita

Bawaslu Kota Bima Perkuat Pemahaman Terkait Sengketa Proses Pemilu

Kota Bima, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menggelar kegiatan fasilitasi dan pembinaan SDM jajarannya terkait sengketa proses Pemilu dan Pemilihan.
Kegiatan yang dibuka Anggota Bawaslu Kota Bima Asrul Sani SE dan dihadiri Anggota Bawaslu lainnya Idhar SSos tersebut digelar di Hotel Camelia, Kamis (3/11/2022).
Dalam sambutannya Koordinator Divisi (Kordiv) Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Asrul Sani mengatakan, kegiatan fasilitasi dan pembinaan tersebut dalam rangka meningkatkan pemahaman SDM jajaran Bawaslu Kota Bima terkait Sengketa proses Pemilu dan Pemilihan. Mengingat tahapan Pemilu sendiri tengah berlangsung, dimana tahapan pemilu memasuki tahapan pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilu.
Tahapan saat ini kata dia sebagai salah satu tahapan krusial bagi partai politik calon peserta pemilu 2024. Oleh karena itu pengetahuan dan pemahaman penyelesaian sengketa proses pemilu menjadi sangat penting dilakukan.
“Salah satu tahapan yang bisa terjadi sengketa proses Pemilu adalah pada tahapan ini. Jadi kita harus mempersiapkan diri dengan pengetahuan yang matang dalam menghadapinya,” terang Asrul Sani.
Sebagaimana amanat UU 7 Tahun 2017 pasal 93 huruf (b) tugas Bawaslu adalah melakukan pencegahan dan penindakan terhadap pelanggaran pemilu dan sengketa proses Pemilu.
“Jadi selain pencegahan, Bawaslu juga memiliki tugas dalam penyelesaian sengketa proses pemilu,” katanya.
Lebih lanjut Asrul Sani menjelaskan, dalam melaksanakan tugas penindakan sengketa proses pemilu, salah satu yang diupayakan Bawaslu adalah melakukan mediasi antar pihak yang bersengketa dan melakukan proses adjudikasi serta memutus penyelesaian sengketa proses pemilu. Oleh karenanya, kegiatan fasilitasi dan pembinaan terkait sengketa proses Pemilu dan Pemilihan menjadi sangat urgen.

Anggota Bawaslu Kota BimaAsrul Sani, S.E. Kordiv. Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa dan Idhar, S. Sos. Kordiv Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas


“Saya berharap agar para peserta mengikuti kegiatan ini dengan seksama agar dapat mengambil pembelajaran dari pemaparan dua narasumber yang dihadirkan. Sehingga kita memiliki pengetahuan yang mumpuni bagaimana tata cara dan teknik mediasi juga bagaimana mekanisme persidangan dan teknik penyusunan putusan,” harap Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Sengketa Bawaslu Kota Bima.
Sementara Kordiv Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Idhar mengingatkan agar para peserta agar mengikuti kegiatan tersebut dengan baik dan serius. Karena akan banyak ilmu dan informasi yang bisa digali dari pengalaman dari dua narasumber yang memiliki keahlian dan pengalaman dalam melakukan mediasi dan penyusunan putusan sengketa di Pengadilan Negeri Raba Bima. Termasuk sengketa proses pemilu dan pemilihan.
“Para peserta harus bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik baiknya,” ajaknya.

Anggota Bawaslu Kota Bima Idhar, S. Sos. Kordiv Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas bersama Asrul Sani, S.E. Kordiv. Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa

Bawaslu Kota Bima menghadirkan dua narasumber dari Pengadilan Negeri Raba Bima, Ruslan Hendra Irawan SH MH (Ketua Pengadilan Negeri Raba Bima) dan Firdaus SH (Hakim/Panitera). Masing-masing narasumber menyampaikan materi terkait tata cara dan teknik mediasi dan teknik penyusunan putusan dalam Sengketa proses pemilu.
Peserta dalam kegiatan tersebut adalah Staf Bawaslu Kota Bima dan Anggota Panwaslu Kecamatan se Kota Bima. (Humas Bawaslu Kobi)

Peserta Fasilitasi & Pembinaan sengketa proses Pemilu dan Pemilihan

Ruslan Hendra Irawan SH MH (Ketua Pengadilan Negeri Raba Bima) menyampaikan materi “Tata cara Mediasai”

Firdaus SH (Hakim/Panitera) menyampaikan Materi tentang Tatacara Penyusunan Putusan dalam sengketa Proses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *