Berita

Ketua Bawaslu Kota Bima Ikuti Kegiatan Penguatan Kelembagaan Pengawas Pemilu

Bandung- Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bima Atina, SH mengikuti kegiatan Penguatan Kelembagaan Bagi Bawaslu Provinsi dan Kabupaten, Selasa (10)10/2023) di Ciwidey Jawa Barat.

Kegiatan yang diadakan oleh Bawaslu RI tersebut dalam rangka meningkatkan penguatan kelembagaan Bawaslu Kabupaten/Kota menjadi patron etika dan integritas dalam hal pengambil keputusan.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Ketua Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia dan dibuka langsung oleh ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja.

Dalam Sambutannya meminta kepada Ketua Bawaslu di daerah untuk dapat meningkatkan efektivitas dalam pengambilan keputusan. Menurutnya, ketua memiliki peran sentral dalam pengambilan keputusan terutama di tengah padatnya tahapan pemilu yang tengah berjalan.

Rahmat Bagja juga menambahkan dalam hal penggunaan anggaran perlu selalu menjadikan pertimbangan dalam hal fungsi penggunaan keuangan yang efektif dan efisien.

Selain itu, Bagja juga meminta Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota memperkuat etika dan integritas dalam lembaga. Menurutnya, hal ini penting karena Bawaslu harus bertindak secara adil, netral, dan tanpa intervensi politik untuk mempertahankan kepercayaan masyarakat dalam proses pemilihan umum.

Terakhir, Bagja berpesan bahwa Bawaslu berperan penting dalam menjaga kualitas demokrasi dalam suatu negara. Oleh karena itu, peningkatan kompetensi dan kapasitas Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota melalui pelatihan kepemimpinan dapat membantu memastikan bahwa pemilihan umum berlangsung dengan baik dan hasilnya mewakili keinginan rakyat. (Humas Bawaslu Kobi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *