BeritaPUBLIKASI

Kuota Perempuan Kurang 30%, Bawaslu Kota Bima Perpanjang Masa Pendaftaran Panwaslu Kecamatan

Kota Bima, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bima perpanjang masa pendaftaran calon panitia pengawas kecamatan (Panwascam). Pasalnya, terdapat 4 kecamatan yang belum memenuhi presentase pendaftar perempuan, yang mana harus mencapai angka 30 persen dari pendaftar laki-laki.

Ketua Bawaslu Kota Bima menyampaikan, dengan begitu pihaknya membuka kembali pendaftaran Panwascam untuk Pemilu 2024 mulai 2 Oktober hingga 8 Oktober 2022.

“Terdapat 4 kecamatan yang diperpanjang masa pendaftaran yaitu, kecamatan Asakota, Mpunda, Raba dan Rasanae Timur”, ujarnya.  

Dijelaskan Muhaemin, pada masa pendaftaran pertama tanggal 21 hingga 27 September 2022, dari 5 Kecamatan yang ada di Kota Bima, hanya Kecamatan Rasanae Barat yang memenuhi kuota 30 persen keterwakilan perempuan. Sedangkan di 4 Kecamatan lainnya Asakota, Mpunda, Raba dan Rasanae Timur pendaftar perempuan belum memenuhi 30 persen keterwakilan perempuan dari jumlah pendaftar di masing-masing kecamatan.

“Kita perpanjang masa pendaftaran untuk 4 kecamatan”, jelasnya.

Berdasarkan Keputusan Ketua Bawaslu RI nomor: 314/HK.01.00/KI/09/2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panwaslu Kecamatan dalam pemilu serentak tahun 2024 bahwa perpanjangan masa pendaftaran dilakukan dalam beberapa hal.

“Kuota keterwakilan perempuan di tiap kecamatan harus memenuhi 30 persen. Penghitungannya berdasarkan jumlah pendaftar, bukan dari dua kali kebutuhan. Hal itu sesuai dengan penjelasan Bawaslu RI terkait pemaknaan angka 1 poin C Pedoman Pembentukan Panwaslu Kecamatan”, tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *