Agenda KegiatanBerita

Penguatan Lembaga, Bawaslu Kota Bima Maksimalkan Peran Kehumasan

Anggota Bawaslu Kota Bima Asrul Sani, SE (Kordiv. SDM, organisasi, data dan informasi), Idhar, S.Sos (Kordiv. Pengawasan, hubungan masyarakat dan hubungan antar lembaga) dan Gunawan pengurus persatuan wartawa indonesia (PWI) Bima beserta staf Bawaslu Kota Bima

Kota Bima, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bima melaksanakan kegiatan penguatan kapasitas kehumasan Bawaslu. Acara yang dihelat di ruang rapat Bawaslu Kota Bima, Kamis (08/07/2021) tersebut dihadiri Gunawan pengurus persatuan wartawa indonesia (PWI) Bima, Idhar, S.Sos Kordiv. Pengawasan, hubungan masyarakat dan hubungan antar lembaga, Asrul Sani, SE Kordiv. SDM, organisasi, data dan informasi, dan jajaran staf kesekretariatan Bawaslu Kota Bima.

Asrul Sani saat membuka kegiatan mengatakan, pengelolaan media informasi tidak terlepas dari peran-peran kehumasan. Oleh karena itu, humas Bawaslu harus mampu memanfaatkan media informasi yang dimiliki dalam upaya penguatan lembaga.

“Humas merupakan bagian penting dan tak terpisahkan dari sebuah lembaga. Sebagai badan atau lembaga, Bawaslu Kota Bima memiliki humas yang bertugas menyampaikan semua informasi tentang kegiatan pengawasan pemilihan dan pemilu kepada publik”, katanya.

Dikatakan Asrul Sani, humas sebagai garda terdepan dari lembaga memiliki peran penting. Tugasnya tidak hanya sebatas menampilkan apa yang ingin disampaikan, namun dapat merangkul hal lain, meningkatkan partisipasi publik dan membuat Bawaslu dikenal publik secara positif.

“Humas juga berfungsi sebagai saranan komunikasi dan pendidikan politik bagi publik. Komunikasi yang dilakukan tidak hanya kegiatan pengawasan, namun bisa dalam wujud pertukaran gagasan”, terang Kordiv. SDMO Bawaslu Kota Bima.

Asrul Sani juga menambahkan, bahwa peran humas sebagai suara dari Bawaslu yaitu untuk memperkenalkan program lembaga, menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui website atau media sosial dan untuk memperkuat citra lembaga.

“Humas harus menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui rilis berita setiap hari sehingga mereka tahu apa yang telah dilakukan Bawaslu”, bebernya.

Dalam rapat tersebut dilanjutkan penyampaian materi dan dibuka ruang sisi diskusi dan tanya jawab yang dipandu moderator staf PHL Bawaslu Kota Bima Rahmad Yasin. (Humas Bawaslu Kota Bima).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *