Berita

Siap Kawal Hak Pilih, Bawaslu Kota BimaIkuti Rapat Persiapan Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih

Mataram – Badan Pemngawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bima menghadiri Rapat Persiapan Pengawasan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih dalam Pemilihan Serentak Tahun 2024 yang diselenggarakan Bawaslu NTB, Rabu (19/6/2024) di ruang rapat Bawaslu NTB.

Rapat yang diikuti oleh jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota se-NTB tersebut dibuka oleh Anggota Bawaslu NTB Kordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat & Humas, Hasan Basri.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan kepada jajarannya untuk benar-benar mempersiapkan diri mengawasi tahapan pemutakhiran daftar pemilih pada Pemilihan Tahun 2024.

“Divisi kita tetap menjadi PIC dalam tahapan pemutakhiran daftar pemilih dan tetap harus bekerjasama dengan Divisi lain untuk melakukan pengawasan, karena dalam pemetaan kerawanan data pengawasan dari berbagai divisi dan tahapan dikolaborasikan untuk mengetahui kerawanan di Pemilihan,” ujar Hasan.

Lebih lanjut, ia juga mengingatkan kepada Bawaslu Kabupaten/Kota untuk memastikan data yang dimiliki harus akurat, lengkap, dan mutakhir. DP4 menjadi data primer atau dasar pemutakhiran untuk itu kita harus memastikan seluruh warga yang berhak memilih terdaftar .

“Pemilih yang Memenuhi Syarat (MS) dan Tidak Memenuhi Syarat (TMS), semuanya harus dilakukan dengan benar dan akurat, karena menyangkut hak pilih orang,” tegas Hasan.

Sementara itu Kordiv Hukum Pencegahan Parmas & Humas (HP2H) Bawaslu Kota Bima Idhar mengungkapkan bahwa Bawaslu Kota Bima sudah siap melakukan pengawasan pemutakhiran data pemilih. Sejauh ini kami sudah melakukan penyandingan DP4 dengan KPU Kota Bima dan sudah mengidentifikasi pemilih yang berpotensi TMS.

“Selain itu kami sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Dukcapil terkait pemilih potensial yang akan berumur 17 tahun pada saat pencoblosan serta pemilih yang belum melakukan perekaman KTP el,” tutup Idhar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *