Berita

Tahapan Pemilu 2024 Dimulai, Bawaslu Kota Bima Gelar Apel Siaga Pengawasan

Ketua Bawaslu Kota Bima, Muhaemin saat menjadi pembina apel siaga pengawasan tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024 dihalaman kantor Bawaslu Kota Bima

Kota Bima, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bima gelar apel siaga pengawasan Pemilu, Selasa (14/06/2022). Apel siaga ini sebagai tanda tahapan Pemilu Serentak 2024 dimulai.

Pengawasan tahapan Pemilu 2024 ini secara simbolis ditandai dengan bunyi sirine yang ditekan oleh Ketua Bawaslu, Muhaemin didampingi anggota Bawaslu Kota Bima Idhar serta Koordinator Sekretariat Subhan.

Muhaemin mengatakan, apel siaga pengawasan yang dilaksanakan secara serentak se-Indonesia menandakan dimulainya tahapan Pemilu atau 20 bulan sebelum pemungutan suara.

Dengan dimulainya tahapan Pemilu, diminta pada jajaran pengawas untuk mempersiapkan diri secara maksimal. Terutama kesiapan seluruh instrumen yang dibutuhkan dalam rangka mengawasi tahapan Pemilu.

Selain itu, dirinya meminta kepada jajaran Bawaslu untuk meningkatkan kapasitas dalam hal mengawasi proses-proses tahapan Pemilu.
“Mari kita tingkatkan kapasitas agar setiap tahapan dapat diawasi dengan maksimal. Terutama mengedepankan aspek pencegahan dan penindakan pelanggaran”, katanya.

Lebih lanjut Muhaemin menambahkan, terdapat 6 aspek yang menjadi acuan Bawaslu dalam mengawal pelaksanaan Pemilu. Masing-masing aspek regulasi, penyelenggaraan, tahapan, pemilih, peserta pemilu dan anggaran. Setiap komponen tersebut saling terkait agar penyelenggaraan pengawasan Pemilu bisa sesuai peraturan peruandang-undangan yang berlaku.

“Selain tugas melaksanakan pengawan Pemilu, juga memiliki tanggung jawab lain yaitu sosialisasi serta mengajak masyarakat untuk ikut partisipasi dalam melakukan pengawasan bersama dengan bawaslu”, tambahnya.

Sebagai informasi, apel siaga pengawasan Pemilu 2024 ini dilakukan secara serentak pada pukul 08.00 waktu setempat di seluruh Bawaslu. Peserta dari Bawaslu daerah turut serta mengikuti secara daring (dalam jaringan) apel siaga yang diselenggaran Bawaslu Republik Indonesia. (Amrin. Humas Bawaslu Kobi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *