Berita

Tingkatkan Partisipasi Masyarakat, Bawaslu Kota Bima Ajak Kohati Ikut Awasi Pemilu

Dari Kiri TIM Master Of Training (MOT) LKK Marweli, S.Pd, Anggota Bawaslu Kota Bima Hukum Pencegahan, Parmas dan Humas (HP2H) Idhar, S.Sos dan Ketua Cabang HMI Cabang Bima

Kota Bima, Bawaslu Kota Bima menerima kunjungan dari Peserta Latihan Khusus Kohati (LKK) HMI Cabang Bima periode 2023-2024, Jum’at (1/9/2023).
Peserta LKK HMI Cabang Bima diterima langsung oleh Anggota Bawaslu Kota Bima Kordiv. Hukum Pencegahan, Parmas dan Humas (HP2H) Idhar, S.Sos di ruang rapat Bawaslu Kota Bima.

TIM Master Of Training (MOT) LKK Marweli, S.Pd menyampaikan kedatangan kami adalah melakukan Analisis Sosial (Ansos) terkait dengan tugas, fungsi dan wewenang bawaslu terhadap mengawasi Pemilu Tahun 2024 terkait regulasi yang mengatur tentang politik uang, sanksi, langkah bawaslu meminimalisir terjadinya pelanggaran serta cara melapor terhadap dugaan pelanggaran yang terjadi.

Idhar menyampaikan Bawaslu sendiri akan menjalankan tugasnya sesuai dengan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum khususnya dalam peran pengawasan. Namun hal itu tetap memerlukan peran aktif masyarakat khususnya dalam pelaporan atas dugaan pelanggaran, pengawasan itu menjadi tanggung jawab Bersama termasuk rekan-rekan dari mahasiswa.

Pada Proses Pengawasan, Bawaslu lebih mengutamakan proses Pencegahan, karena apabila proses pencegahan dilakukan di awal, maka akan meminimalisir indikasi pelanggaran pemilu, maka dari itu kami berharap mahasiswa sebagai salah satu mitra strategis Bawaslu dapat berpartisipasi awasi pemilu di setiap tahapan. Sebagai OKP, Kohati juga harus ikut melakukan Pengawasan Partisipatif dalam memberikan informasi awal, sehingga dapat mencegah pelanggaran, Harapnya.

Tantangan terbesar Bawaslu dalam pemilu adalah meminimalisir politik uang. Meskipun demikian Bawaslu tidak patah arang dalam menyikapi persoalan politik uang, segala ikhtiar coba dilakukan demi terwujudnya kegiatan demokrasi yang bebas dari pengaruh politik uang.

Sementara langkah pencegahan yang dilakukan oleh bawaslu kota Bima selama ini dengan melakukan sosialisasi maupun kerjasama dengan berbagai pihak. Sejauh ini Bawaslu Kota Bima sudah menjalin Kerjasama dengan seperti Perguruan tinggi, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Media, Tutupnya. (Humas Bawaslu Kobi)

Foto By: Marwan’s

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *